Si Cepot dan Jambore Dunia

Foto saat mengunjungi cafe korea, mengenalkan wayang saat jambore dunia di jepang

Hal yang paling aku suka dari negara negara di asia adalah budayanya….

Tahun 2015 yang lalu, saya beruntung menjadi salah satu delegasi indonesia sebagai panitia pelaksana ( volunteer ) acara world scout jambore ke 23 di jepang. Dan beruntungnya saya dimasukkan di divisi culture section. Divisi ini terdiri dari berbagai negara yang mengenalkan dan mengajarkan budaya kekhasan dari negara masing-masing. Baik dalam bentuk games, workshop, foto spot hingga upacara tradisi. Asyik banget.. :3

Sayangnya indonesia yang memiliki beragam macam budaya tidak memiliki spot disana, akhirnya saya dioper untuk mengenalkan budaya negara lain. Karena saat itu tuan rumah adalah jepang, saya mengenalkan budaya anime dan menantang para peserta dari berbagai negara untuk melakukan dubbing challenge. Meski ujung-ujungnya saya tidak paham mereka bercerita tentang apa, karena nendubbing menggunakan bahasa negara masing-masing. Saya bukan google translate :’)

Namun hal tersebut membuat saya termotivasi, untunglah rekan saya yang dari delegasi indonesia membawa wayang-wayangan. Saya pinjam dan disela waktu istirahat dan jam kerja off, saya mengenalkan wayang ke setiap orang yang lewat. Baik berupa ventriloquisme abal-abal, karna hal tersebut merupakan spontanisme saya hahaha.

Tak disangka sambutan orang luar sangatlah baik. Mereka bertanya mengenai asal usul dan sejarah wayang beserta karakter yang saya mainkan, bahkan beberapa doll enthusiasm mengajak saya untuk main bersama dengan boneka khas mereka. Ada yang meminta boneka tersebut, dan hendak menukarkan dengan barang khas negara mereka. Andaikan saja bukan milik teman saya hahaha. Tapi pada akhirnya saya memberikan wayang tersebut ( atas izin pemilik ) kepada ketua organisasi pramuka dunia. Wah suatu kebanggaan tersendiri.

Beberapa hari saat jamboree membuat saya semakin mencintai budaya indonesia. Sayangnya banyak yang masih belum sadar akan potensi ini, meskipun sadar namun acuh. Padahal banyak negara lain yang sangat mengapresiasinya. Tapi saya akan memulainya dari diri sendiri untuk mencintai, perlahan-lahan mengajak orang sekitar untuk ikut mencintai dan melestarikan budaya Indonesia. AmiinOiaa tahun 2023 jambore ke 25 akan di adakan di korea. See you there ya..

Leave a Comment

Your email address will not be published. Required fields are marked *